Becak
- Ada juga lagu anak-anak dengan judul yang sama. Lihat Becak (lagu).
Sekumpulan becak di Bogor
Becak (dari
bahasa Hokkien:
be chia "kereta
kuda") adalah suatu moda
transportasi beroda tiga yang umum ditemukan di
Indonesia dan juga di sebagian
Asia.
Kapasitas normal becak adalah dua orang penumpang dan seorang
pengemudi. Menjadi pengemudi becak merupakan salah satu cara untuk
mendapatkan nafkah yang paling mudah, sehingga jumlah pengemudi becak
didaerah yang angka penganggurannya tinggi akan menjadi sangat tinggi.
Becak dilarang di Jakarta sekitar akhir dasawarsa 1980-an. Alasan
resminya antara lain kala itu ialah bahwa becak adalah “eksploitasi
manusia atas manusia”, dan becak digantikan dengan Bajaj, Helicak.
Di Indonesia ada dua jenis becak yang lazim digunakan:
- Becak dengan pengemudi di belakang. Jenis ini biasanya ada di Jawa.
- Becak dengan pengemudi di samping. Jenis ini biasanya ditemukan di Sumatra. Untuk becak jenis ini dapat dibagi lagi ke dalam dua sub-jenis, yaitu:
- Becak kayuh - Becak yang menggunakan sepeda sebagai kemudi.
- Becak bermotor/Becak mesin - Becak yang menggunakan sepeda motor sebagai penggerak.
Di beberapa negara lain masih ada becak yang pengemudinya berada di
depan, sebagaimana dikembangkan di India, Pakistan dan Bangladesh,
konsep ini yang kemudian dikembangkan dalam oleh bajay yang diambil dari
India pada tahun 1970
Desain
Becak mempunyai 3 roda , 2 roda dibagian depan dan 1 roda dibagian
belakang. Dua roda dibagian depan dihubungkan dengan sebuah poros tetap
dan kedua roda depan ini bisa digerakan secara bersama sama dengan
porosnya untuk membelokan becak. Pengemudi becak duduk hampir diatas
roda yang dibelakang menggenjot epdal dan rantai yang memutar roda
belakang. Penumpang duduk dikursi yang berada diatas 2 roda depan .
Peredam guncangan ada diroda bagian depan berupa per daun yang dipasang
antara poros roda dengan badan becak. Penumpang didepan biasanya
dilindungi oleh badan becak yang terbuat dari kayu dan atap terpal serta
penutup depan dari plastik bening yang ditutup hanya pada saat hujan
saja. Sebagai alat penghenti laju becak , ada sebuah rem sederhana yang
menghentikan laju dari roda belakang, rem ini digerakan oleh pengemudi
menggunakan sebuah tongkat yang diletakan di antara kursi pengemudi
dengan kabin penumpang. Desain dari becak ini (kecuali bagian kabin
penumpangnya) sangat mirip dengan gerobak barang tradisional belanda
yang bernama
Bakfiets.
Bakfiets tradisional belanda
Pro dan kontra
Becak adalah salah satu moda transportasi paling umum di Solo.
Becak merupakan alat angkutan yang ramah lingkungan karena tidak menyebabkan
polusi udara
(kecuali becak bermotor tentunya). Selain itu, becak tidak menyebabkan
kebisingan dan juga dapat dijadikan sebagai obyek wisata bagi
turis-turis mancanegara.
Meskipun begitu, kehadiran becak di perkotaan dapat mengganggu lalu lintas karena kecepatannya yang lamban dibandingkan dengan
mobil maupun
sepeda motor. Selain itu, ada yang menganggap bahwa becak tidak nyaman dilihat, mungkin karena bentuknya yang kurang modern.
Satu-satunya kota di Indonesia yang secara resmi melarang keberadaan becak adalah
Jakarta. Becak dilarang di Jakarta sekitar akhir dasawarsa
1980-an. Alasan resminya antara lain kala itu ialah bahwa becak adalah "eksploitasi manusia atas manusia". Penggantinya adalah,
ojek,
bajaj dan
Kancil.
Selain di Indonesia, becak juga masih dapat ditemukan di lainnya seperti
Pacitan,
wonogiri,
solo dan
surakarta. Di pacitan, becak kini hanyalah sebuah alat transportasi wisata saja.
Modernisasi becak
Velotaxi, becak modern di
Hamburg, Jerman.
Untuk meningkatkan kemampuan becak dan mendorong penggunaan
kendaraan tidak bermotor dan menjadi tren dibeberapa negara maju dikembangkan becak yang menggunaan gigi percepatan/
transmisi seperti yang digunakan dalam
sepeda modern sehingga bisa melewati tanjakan dengan lebih mudah, desain dibuat
aerodinamis serta pengemudinya berada di depan ruang
penumpang. Tren
[1] itu berupa alat transportasi umum bebas polusi bertenaga manusia—dikayuh—dan diberi nama “Velotaxi”.
Di Yogyakarta
[2]
saat ini ada upaya untuk melakukan modernisasi becak yang dilakukan
bersama antara Universitas Gajah Mada, dalam ini Unit Studi
Transportasi, Puspar bekerja sama dengan Institute for Transportation
and Development Policy, New York serta Pemerintah Daerah dan Kadin yang
dimaksudkan untuk menciptakan "Sebuah upaya mewujudkan kesinambungan
peran becak dalam pengembangan pariwisata Yogyakarta"
sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Becak#mw-head
0 komentar:
Posting Komentar