Pages

Jumat, 08 Februari 2013

sejarah taksi

SEJARAH TAKSI




Taksi

Taksi adalah kendaraan umum tapi pribadi,karena kendaraan itu dapat dinaiki semua orang, tapi yang naik dalam 1 kali jalan itu hanya boleh 3-5 orang.


Sejarah

Taksi pertama kali ditemukan di Papua. Diceritakan pada tahun 3069, seorang perman asal Australia datang ke ibukota Indonesia untuk memperluas daerah kekuasaannya, karena di daerah asalnya (Victoria) sedang terjadi kebakaran di hutan. Perman itu beserta anakbuahnya mulai memalakki orang-orang yang lewat di Tanah Abang. Bahkan Hercules dikabarkan kalah berduel dengannya. Setiap dia memalak dia selalu berkata "Tax I! Tax I!", yang kurang lebih dalam bahasa londhoh berarti "Beri saya uang sisa pajak!" Yang membuat heran, kalimat itu biasanya tidak diucapkan oleh preman, melainkan para pejabats. Suatu siang, muncullah orang bule lain. Kali ini dari Papua Nugini. Bule hitam bernama Jar'fa itu mengira preman Australia tersebut adalah sopir bemo, karena dia memalak sambil berdiri di sebelah mobil berwarna biru. Otomatis, Jar'fa yang membutuhkan kendaraan itu meminta jasa dari preman itu untuk mengantarnya ke blok M (kini lebih dikenal sebagai blok M). Sebelum Jar'fa mulai berbicara preman itu sudah berkata "Tax I!" duluan. Jar'fa pikir itu adalah bemo versi modern bernama Taxi. Tanpa pikir panjang Jar'fa berteriak "Blok M!" lalu masuk mobil tersebut. Perman yang bingung itu malah meninggalkannya sendirian di dalam mobil Tax I! sampai malam.
3 bulan kemudian, Jar'fa pergi ke Papua dan mampir di Manokwari. Di sana dia sangat bokek, tapi dia teringat akan 'kusir' taxi yang ia temui di Jakarta. Jar'fa pikir jika dia melakukan usaha yang sama dia akan mendapat uang yang lumayan banyak. Maka dari itu, berdirilah perusahaan taksi pertama di dunia.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Car 6 Cursors at www.totallyfreecursors.com