Pages

Kamis, 07 Maret 2013

Sejarah Busway

Sejarah Busway

Pemda DKI telah menghadirkan layanan transportasi umum yang dikenal sebagai Busway dengan menggunakan bis “TransJakarta” dan halte yang berada di jalur khusus. Bis TransJakarta (Tije) memulai operasinya pada 15 Januari 2004 dengan tujuan memberikan jasa angkutan yang lebih cepat, nyaman, namun terjangkau bagi warga Jakarta. Untuk mencapai hal tersebut, bis Tije diberikan jalur khusus yang tidak boleh dilewati kendaraan lainnya.
Pemerintah DKI Jakarta selama dua pekan pertama (15 Januari 2004 hingga 30 Januari 2004) mensosialisasikan sistem transportasi baru “Busway” tersebut kepada warga Jakarta dengan memberikan pelayanan bis Tije secara gratis. Mulai 1 Februari 2005, bis Tije mulai beroperasi secara komersil.
Dan Sejak Hari Kartini tanggal 21 April 2005, bis Tije juga diawaki oleh supir perempuan sebagai wujud emansipasi wanita. Pengelola menargetkan bahwa nanti jumlah pengemudi wanita mencapai 30% dari keseluruhan jumlah pengemudi. Sampai dengan bulan Mei 2006, sudah ada lebih dari 50 orang pengemudi wanita.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Free Car 6 Cursors at www.totallyfreecursors.com