Pages

Senin, 11 Maret 2013

Transfortasi Air

Alat transportasi air adalah alat transportasi yang digunakan di sungai, danau, dan laut. Jenis angkutan air dapat kita kelompokkan menjadi dua, yaitu alat transportasi air bermesin dan alat transportasi tidak bermesin.
Alat transportasi yang dipakai di sungai, danau dan laut antara lain, Kano, (sebuah perahu kecil dan sempit, yang biasanya digerakkan dengan tenaga manusia, tapi juga lazim diberi layar. Kano biasanya lancip pada kedua ujungnya dan terbuka di bagian atasnya), rakit (susunan benda yang mengapung yang datar untuk perjalanan di atas air; dan merupakan rancangan perahu paling dasar, yang cirinya tak memiliki lambung), perahu, dan kapal.
Sebelum mesin uap ditemukan, kapal digerakkan dengan layar dan dayung. Jadi orang dulu berlayar bergantung pada angin, sehingga untuk berlayar memerlukan waktu yang lama sekali. Sekarang kapal sudah digerakkan dengan mesin diesel, mesin uap dan ada kapal yang digerakkan dengan tenaga nuklir.
Menurut fungsinya, ada bermacam-macam jenis kapal :
  1. Kapal barang, kapal khusus untuk mengangkut barang-barang seperti mobi, beras, kontainer, dan sebagainya
  2. Kapal penumpang, kapal khusus untuk mengangkut penumpang
  3. Kapal tanker, kapal khusus untuk mengangkut minyak, gas pelumas, solar, bensin
  4. Kapal perang, kapal khusus digunakan oleh angkatan laut untuk berperang. Kapal jenis ini dilengkapi dengan senjatasenjata dan meriam. Bahkan ada kapal yang dapat dipakai untuk mengangkut pesawat
  5. Kapal tunda, kapal yang digunakan untuk memandu kapal-kapal besar waktu masuk ke pelabuhan atau keluar pelabuhan.
  6. Kapal ikan, kapal yang digunakan para nelayan khusus untuk menangkap ikan.
  7. Kapal riset, kapal yang digunakan oleh para ahli atau peneliti untuk meneliti kehidupan laut.
Urusan transportasi laut diatur oleh Dirjen Perhubungan Laut dibawah naungan Departemen Perhubungan. Perusahaan pemerintah yang mengelola transportasi laut adalah PT Pelni dan Perum ASDP. Pelni singkatan dari Pelayaran Nasional Indonesia. ASDP singkatan dari Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Car 6 Cursors at www.totallyfreecursors.com