Pages

Kamis, 07 Maret 2013

Sejarah Truk


SEJARAH TRUK


Kata "truk" sendiri mungkin berasal dari arti kata "roda kecil" atau dari Inggris pertengahan yakni trokell, pada gilirannya dari bahasa Latin troklea. Penjelasan lain adalah bahwa ia datang dari bahasa Latin dengan arti "ring besi". Pada gilirannya, baik kembali ke Yunani trokhos (τροχός) yang berarti "roda" dari trekhein (τρέχειν, "untuk menjalankan"). Penggunaan pertama yang diketahui "truk" adalah pada tahun 1611 saat itu menunjuk ke roda kuat kecil di kereta meriam kapal. Dalam penggunaannya kemudian di perpanjang dan mengacu pada gerobak untuk membawa beban berat, arti yang dikenal sejak 1771. Kemudian berubah lagi menjadi  "motor bertenaga pembawa beban", yang telah digunakan sejak 1930, kemudian dipersingkat dari "truk motor"  tahun 1916.

"Lorry" memiliki asal lebih pasti, tapi mungkin berakar dalam kereta api industri, di mana kata tersebut diketahui telah digunakan pada 1838 untuk merujuk kepada jenis truk (sebuah mobil angkutan seperti yang di gunakan di Inggris, bukan bogie di Amerika), khususnya gerobak datar besar. Mungkin juga berasal dari kata kerja lurry (menarik, menariknya) asal tidak pasti. Dengan arti "self-propelled kendaraan untuk membawa barang-barang" telah di gunakan sejak tahun 1911.
Truk tertua dibangun pada tahun 1896 oleh Gottlieb Daimler. Kebanyakan truk kecil seperti kendaraan sport (SUV) atau pickup di Amerika Utara dan Rusia menggunakan mesin bensin, tapi banyak bermesin diesel model sekarang sedang diproduksi. Kebanyakan truk berat menggunakan empat stroke mesin diesel dengan turbocharger dan aftercooler. Mesin diesel menjadi mesin pilihan untuk truk mulai dari kelas 3 sampai 8 GVWS.

Amerika Utara memproduksi truk jalan raya yang rata-rata hampir selalu menggunakan mesin yang dibangun oleh pihak ketiga, seperti CAT , Cummins , atau Detroit Diesel. Pengecualian dalam hal ini hanyalah Volvo dan anak perusahaannya Mack Truk , yang tersedia dengan mesin mereka sendiri. Freightliner Truck, Sterling Truck, anak perusahaan dari Daimler AG , yang tersedia dengan Mercedes-Benz dan Diesel Detroit mesin. Truk dan bus dibangun oleh Navistar Internasional biasanya juga berisi mesin Internasional. Di Uni Eropa, semua mesin truk baru harus sesuai dengan Euro 5 peraturan emisi.

 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Car 6 Cursors at www.totallyfreecursors.com